Kamis, 19 Mei 2011

E-Health Solusi Perbaikan Kualitas Kesehatan di Indonesia (semoga!!!)

Perkembangan dunia kesehatan di Indonesia khususnya baik dari sudut pandang treatment yang ditemukan untuk menyembuhkan atau menangani suatu penyakit, hasil-hasil penelitian baru yang memiliki nilai tambah dalam tatanan praktik serta teknologi pendukung baik sebagai alat bantu treatment maupun teknologi informasi dan komunikasi yang cukup pesat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, menuntut dukungan dan peran aktif dari semua stakeholders yang terlibat didalamnya baik secara langsung maupun tidak.
 
Pemerintah sebagai salah satu stakeholder yang berperan sangat penting melalui Kementrian Kesehatan bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika sudah sejak awal tahun 2005 mencanangkan program layanan kesehatan terintegrasi (e-health Indonesia) dengan tujuan untuk mewujudkan pemerataan layanan kesehatan bagi seluruh wilayah di Indonesia khususnya daerah-daerah yang selama ini sangat sulit dijangkau oleh treatment kesehatan yang berkualitas serta teknologi penunjang sarana kesehatan (Djalil, 2005).
 
Program yang dicanangkan oleh 2 (dua) kementrian tersebut merupakan angin segar bagi perbaikan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. Akan tetapi berbagai macam kendala dan hambatan yang berpotensi untuk dapat mengganggu terwujudnya program tersebut tidaklah sedikit, salah satunya adalah kesiapan sumber daya manusia dalam mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi yang masih belum merata, adanya resistensi untuk berubah dari beberapa kalangan yang sudah merasa nyaman dengan metode dan prosedur yang ada saat ini serta faktor klasik lainnya yaitu karakteristik geografis Indonesia yang sangat luas dan terdiri dari berbagai macam pulau (Djalil, 2005).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar